7 KPI Sales Penting untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

oleh | Nov 5, 2024 | KPI | 0 Komentar

KPI Sale - Hulu Target

KPI Sales adalah metrik yang digunakan untuk mengukur efektifitas dan efisiensi penjualan suatu perusahaan atau bisnis. KPI Sales digunakan untuk mengukur kemampuan penjualan tim sales.

Mengapa KPI sales itu penting ?

KPI Sales sangat penting bagi tim sales karena selain mengukur kemampuan tim sales, KPI Sales juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja tim sales. Dengan adanya indikator yang terukur dan jelas akan memotivasi tim sales dalam mencapai target penjualan.

Artikel ini akan membahas mengenai 7 KPI Sales yang harus dimonitoring dan penting dilakukan. Apa saja 7 KPI tersebut ?

Sales Growth (Pertumbuhan Penjualan)

Sales Growth merupakan hal dasar dalam penjualan. Sales Growth menunjukan seberapa besar pertumbuhan atau penurunan penjualan dari waktu ke waktu. KPI ini sangat penting untuk mengetahui apakah strategi penjualan yang diterapkan sudah efektif dalam menarik pelanggan baru atau meningkatkan volume penjualan.

Bagaimana menghitung Sales Growth ?

Rumus dasar yang digunakan dalam menghitung pertumbuhan sales growth adalah

Sales Growth =(( Penjualan periode sekarang-penjualan periode sebelumnya) / penjualan periode sebelumnya) x 100%

contoh : 

penjualan periode 1 bulan sekarang : 150.000.000

penjualan periode 1 bulan sebelumnya : 100.000.000

maka : ((150.000.000 – 100.000.000) / 100.000.000) x 100% = 50%

Berarti pertumbuhan volume penjualan periode sekarang meningkat sebesar 50% dari periode sebelumnya

Rate - Hulu Target

Lead Conversion Rate (Tingkat Konversi Calon Pelanggan)

Lead Conversion Rate menunjukan seberapa efektif strategi pemasaran yang dilakukan untuk merubah prospek menjadi pelanggan baru. Hal ini akan menunjukan berapa besar persentase pelanggan baru yang diterima dari jumlah leads yang tertarik pada suatu produk. Semakin besar Lead Conversion Rate maka semakin baik strategi pemasaran yang dilakukan.

Bagaimana cara menghitung Lead Conversion Rate?

Rumus yang digunakan untuk menghitung Lead Conversion Rate adalah

(Jumlah pelanggan baru / Jumlah prospek yang diterima) x 100%

contoh : 

Jumlah leads yang masuk : 200 orang

Jumlah leads yang menjadi pelanggan : 10 orang

maka (10-200) x 100% = 5%

Berarti dari total Leads yang masuk terdapat pertumbuhan sebesar 5% pelanggan baru.

Revenue per Sales Representative (Pendapatan per Perwakilan Penjualan)

Mengukur kinerja setiap individu dalam penjualan penting guna mengetahui siapa yang memiliki potensi sangat baik dan siapa yang masih memerlukan pelatihan. Revenue per Sales Representative mengukur berapa besar pendapatan setiap individu tim sales. Metrik ini juga membantu perusahaan dalam menilai faktor-faktor seperti pencapaian target penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan kesehatan keuangan.

Bagaimana cara menghitung Revenue per Sales Representative?

Dalam melakukan perhitungan Revenue per Sales Representative digunakan rumus

Revenue per Sales Representative = Total pendapatan / jumlah tenaga kerja

Contoh : 

Total pendapatan : 100.000.000

Total tenaga kerja dalam tim : 10 orang

maka 100.000.000 / 10 = 10.000.000

Berarti total rata rata pendapatan per individu dalam tim tersebut sebesar 10.000.000 per periode

Average Purchase Value (Nilai Pembelian Rata-rata)

Average Purchase Value mengukur nilai rata rata pembelian setiap transaksi yang dilakukan pembeli. Perhitungan nilai rata rata pembelian dilakukan per periode sesuai dengan keteraturan pembelian atau kontrak. Hal ini penting dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai atau belum. Dengan strategi yang tepat dan perhitungan rata rata transaksi selama periode akan membantu perusahaan dalam mencapai target penjualan.

Bagaimana cara menghitung Average Purchase Value?

Rumus yang digunakan dalam menghitung Average Purchase Value adalah 

Average Purchase Value = Total Pendapatan / Total Transaksi

Contoh : 

Total pendapatan periode 1 bulan : 50.000.000

Total transaksi periode 1 bulan : 20 transaksi

maka 50.000.000 / 20 = 2.500.000

Berarti selama periode 1 bulan rata rata pendapatan adalah 2.500.000 per transaksi. Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya makan dapat diketahui apakah sudah mengalami penurunan atau kenaikan atau sudahkah mencapai target periode 1 bulan tersebut.

Sales Target Achievement (Pencapaian Target Penjualan)

Sales Target Achievement adalah matrik yang mengukur tingkat pencapaian penjualan tim sales dalam waktu tertentu. tingkatan ini digambarkan sebagai persentase yang mengukur tingkat penjualan sales dan berperan penting dalam merancang strategi penjualan.

Peran Sales Target Achievement bisnis

Nilai ini berperan penting untuk mengevaluasi efisiensi dan produktivitas sales. Nilai ini juga berperan memberikan wawasan mengenai tren sebagai rancangan awal membangun perencanaan pemasaran.

Customer Acquisition Cost (CAC) – Biaya Akuisisi Pelanggan

Customer Acquisition Cost (CAC) merupakan metrik untuk mengukur besaran biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. KPI ini berperan untuk mengetahui seberapa efisien strategi pemasaran perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru. Jika biaya pemasaran lebih kecil daripada pendapatan pelanggan baru maka perlu dilakukan perbaikan pada strategi pemasaran tersebut. 

Bagaimana menghitung Customer Acquisition Cost?

Rumus dasar yang digunakan dalam menghitung Customer Acquisition Cost adalah

CAC = Biaya pemasaran / jumlah pelanggan baru

contoh

Jumlah pelanggan baru : 1.000.000

Pelanggan baru : 100

Maka 1.000.000 / 100 = 10.000

Dari total 1.000.000 biaya pemasaran didapatkan 100 orang pelanggan baru yang berarti untuk tiap 1 pelanggan dibutuhkan biaya iklan sebesar 10.000. Selain memperhatikan biaya iklan per pelanggan diperlukan juga perhitungan apakah pendapatan total dari pelanggan lebih besar atau kecil dari pengeluaran. Jika biaya pengeluaran lebih besar dari pendapatan maka perlu diperbaiki strategi pengiklanannya.

Customer Churn Rate (Tingkat Kehilangan Pelanggan)

Customer Churn Rate adalah matrik yang mengukur berapa banyak pelanggan yang berhenti membeli atau berlangganan suatu produk.Pemantauan KPI ini sangat penting untuk mempertahankan pelanggan yang stabil atau mengurangi biaya pengeluaran akuisisi pelanggan baru.

Bagaimana cara mengurang Customer Churn Rate?

Untuk mengurangi Customer Churn Rate ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memperbaiki produk, fokus pada layanan, dan memberikan program loyalitas bagi pelanggan setia.

Kesimpulan

KPI Sales sangat penting dilakukan pemantauan dan pengukuran untuk memastikan bisnis anda berada di jalur yang tepat. Dengan pemantauan dan penanganan yang tepat anda dapat mengoptimalkan tim sales bekerja maksimal sesuai target perusahaan.

Jika anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai KPI Sales yang tepat untuk bisnis anda, anda dapat mengunjungi Hulu Target. Atau jika anda ingin mengetahui apakah KPI Sales anda sudah cocok dengan misi perusahaan anda. Anda dapat menghubungi kami di sini sebagai langkah awal menuju puncak penjualan yang maksimal.

author avatar
fardilkh

Unlock Your Performance Excellence Now!

Subscribe to our blog to receive updates on the latest business developments and HR trends.