Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga berdampak pada berbagai aspek kehidupan tidak terkecuali dalam dunia pemasaran digital. sebagai langkah menunjang kesuksesan pemasaran digital diperlukan strategi yang tepat dan akurat. Namun apakah strategi yang diambil sudah efektif ? Maka diperlukanlah pemantauan Key Performance Indicator (KPI) sebagai sarana penilaian apakah strategi pemasaran yang diambil sudah tepat atau belum. Artikel ini akan membahas bagaimana KPI Digital Marketing dapat membantu bisnis dalam mencapai target yang diinginkan.
Apa itu KPI Digital Marketing ?
KPI Digital Marketing merupakan suatu metrik terukur untuk mengetahui sejauh mana strategi anda berjalan dengan efektif. KPI akan mengidentifikasi kampanye pemasaran dan memberi tahu anda sudah sejauh mana kampanye berjalan dan bagian mana yang harus diperbaiki.
Mengapa KPI Digital Marketing itu penting ?
KPI Digital Marketing digunakan untuk mengukur sejauh mana perkembangan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Dalam penerapannya, pemantauan KPI sangat penting dilakukan karena akan membantu anda mengetahui apa yang telah berhasil dicapai dan bagian mana yang perlu anda perbaiki. Artikel ini akan membahas mengenai KPI utama dalam digital marketing.
Conversion Rate (CR)
Conversion Rate (CR) merupakan suatu matrik yang mengukur kinerja pengunjung suatu website dengan tindakan yang diinginkan seperti pembelian, pendaftaran, atau pengunduhan. CR sangat penting sebagai alat yang memberikan gambaran keefektifan kampanye dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau leads.
Bagaimana cara menghitung Conversion Rate (CR)?
Rumus dalam melakukan perhitungan CR adalah
CR = (Jumlah konversi / total pengunjung )x 100%
contohnya jika website anda memiliki 2000 pengunjung dan 100 diantaranya melakukan pembelian, maka CR = (100/2000)x100% = 5%. Dalam arti dengan total 2000 pengunjung dan 100 diantaranya melakukan pembelian maka tingkat CR website anda adalah 5%.
Return on Ad Spend (ROAS)
Return on Ad Spend (ROAS) adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar pendapatan yang anda dapatkan dari kampanye iklan. ROAS sangat penting dilakukan agar anda dapat mengetahui komprehensif kampanye iklan anda dan bagaimana cara mengoptimalkan kinerja iklan anda.
Bagaimana cara menghitung ROAS ?
rumus perhitungan ROAS adalah pendapatan iklan / biaya iklan
Jika iklan anda menghasilkan Rp 5.000.000 dengan biaya iklan Rp 1.000.000 maka 5.000.000 / 1.000.000 = 5, artinya dari setiap Rp 1 biaya iklan anda mendapatkan Rp 5 penghasilan.
Customer Acquisition Cost (CAC)
Customer Acquisition Cost (CAC) merupakan metrik yang digunakan untuk mengukur biaya pengeluaran yang guna mendapatkan pelanggan baru. CAC digunakan untuk mengukur seberapa besar efektifitas strategi pemasaran yang digunakan dalam mendapatkan pelanggan baru.
mengapa CAC itu penting ?
CAC berperan penting dikarenakan beberapa hal seperti berikut :
- mengukur efisiensi pemasaran : CAC membantu perusahaan dalam mengidentifikasi seberapa efektif metode pemasaran dapat merubah prospek menjadi pelanggan.
- Pendanaan anggaran : Dengan mengetahui CAC dapat membantu perusahaan dalam keputusan perencanaan anggaran.
- Analisis profitabilitas : Dengan perbandingan CAC dan CLV dapat memtu perusahaan dalam mengukur apakah pendapatan sebanding dengan yang diharapkan dari pelanggan tersebut.
Bagaimana cara menghitung CAC ?
Rumus dasar dalam menghitung CAC adalah
CAC = total biaya pemasaran / total pelanggan baru
contohnya dengan total biaya sebesar Rp 2.000.000 dan pelanggan baru 150 maka CAC adalah Rp 13.300 per pelanggan
Organic Traffic dan SEO Rankings
Organic Traffic
Organic Traffic mengacu kepada pengunjung yang datang ke situs web perusahaan. Hal ini bukan disebabkan iklan atau kampanye namun melalui pencarian seperti Google dan Yahoo. Organic Traffic dilakukan dengan pengelolaan SEO sehingga dapat muncul dihalaman awal pencarian Google.
SEO Rangkings
SEO Rangkings mengacu kepada posisi suatu web dalam pencarian mesin Google sehingga akan mempengaruhi kepada Organic Traffic. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh penggunaan kata kunci, relevansi konten, dan kecepatan situs.
Email Open Rate dan Click-through Rate (CTR)
Email open Rate merupakan seberapa besar orang yang membuka email yang anda kirim sedangkan Click-through Rate (CTR) mengukur persentase orang yang mengklik dalam email anda.
Cara meningkatkan Email Open Rate dan Click-through Rate (CTR)
Untuk melakukan peningkatan Email Open Rate dan Click-through Rate (CTR) dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :
- Optimalisasi baris subjek
- Personalisasi konten
- Call-To-Action yang jelas
Dengan meningkatkan ketiga konteks diatas semakin besar peluang Email Open Rate dan Click-through Rate (CTR). Maka semakin sukses kampanye email marketing anda.
Bounce Rate dan Time on Site
Apa itu Bounce Rate ?
Bounced Rate merupakan persentase seberapa besar pengunjung meninggalkan suatu situs. Semakin besar Bounced rate maka semakin buruk performa suatu situs. Hal ini biasa disebabkan karena konten pada situs tersebut tidak memenuhi harapan pengunjung.
Apa itu Time On Site ?
Time on site mengukur seberapa lama pengunjung berada dalam suatu situs, semakin lama pengunjung berada pada suatu situs maka semakin baik performa situs tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena pengunjung terus mengeksplor semakin dalam konten pada situs tersebut.
Bagaimana cara mengurangi Bounce Rate dan meningkatkan Time On Site ?
Untuk mengurangi Bounce Rate dan meningkatkan Time On Site anda perlu memperhatikan bahwa situs ada mobile-Friendly, relevan dan menarik serta kecepatan pemutaran situs.
Kesimpulan
Memahami dan memantau KPI Digital Marketing sangat penting dilakukan agar dapat meningkatkan kinerja kampanye digital. Dari Conversion Rate hingga Bounce Rate, setiap metrik memberikan wawasan penting tentang bagaimana strategi pemasaran berjalan dan di mana perbaikan diperlukan. Dengan memantau KPI seperti Customer Acquisition Cost, Return on Ad Spend, dan Organic Traffic, dapat memastikan bahwa setiap upaya pemasaran menghasilkan hasil yang maksimal dan memberikan ROI yang signifikan bagi bisnis.
Ingin memastikan apakah kampanye pemasaran anda berjalan efektif atau apakah anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai KPI Digital Marketing ? Kunjungi Hulu Target untuk solusi yang nyata berbasis data. Masa depan perusahaan ada di tangan anda, mari berjalan bersama kami menuju kesuksesan di depan mata. Klik disini untuk mewujudkan cita cita perusahaan anda bersama kami!